KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS BUDAYA PADA FESTIVAL PESONA BUDAYA DESA PENGADANGAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Arina Shofia, Syufina (2024) KOMUNIKASI PARTISIPATIF DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS BUDAYA PADA FESTIVAL PESONA BUDAYA DESA PENGADANGAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARINA SHOFIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ARINA SHOFIA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Desa Wisata berbasis budaya saat ini menjadi salah satu strategi pengembangan pariwisata yang semakin diminati karena potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang dimilki. Desa Pengadangan merupakan salah satu desa di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki potensi besar dalam pariwisata berbasis budaya karena kearifan lokal, dan keragaman budaya yang masih terjaga. Keragaman budaya dan juga tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Pengadangan, melatarbelakangi lahirnya atraksi wisata yang cukup populer yaitu Festival Pesona Budaya. Dengan hadirnya Festival Pesona Budaya menjadi ajang untuk melestarikan serta memperkenalkan beragam budaya dan adat istiadat masyarakat Desa Pengadangan kepada wisatawan. Dalam pelaksanaannya Festival Pesona Budaya melibatkan hampir semua lapisan masyarakat. Sehingga dalam pelaksanaannya berkaitan erat dengan komunikasi partisipatif dan interaksi sosial yang terjadi di masyarakat, kedua unsur tersebut saling berkaitan sehingga menciptakan makna yang disepakati bersama yaitu penyelenggaraan Festival Pesona Budaya. Hal ini sesuai dengan teori interaksi simbolik, dimana dalam teori tersebut menjelaskan bagaimana manusia memberikan makna pada objek dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari melalui interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk komunikasi partisipatif masyarakat dalam penyelenggaraan Festival Pesona Budaya di Desa Pengadangan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus fenomenologi untuk mengeksplorasi konsep dan praktik komunikasi partisipatif dalam pengembangan desa wisata, khususnya dalam konteks penyelenggaraan Festival Pesona Budaya. Melalui analisis mendalam terhadap pengalaman dan persepsi partisipan, penelitian ini bertujuan untuk memahami makna yang terkandung dalam komunikasi partisipatif dan bagaimana hal itu memengaruhi keterlibatan masyarakat dalam proses pengembangan desa wisata. Dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi , dan proses dokumentasi, penelitian ini mencatat pengalaman individu dan dinamika interaksi yang terjadi dalam penyelenggaraan Festival Pesona Budaya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulan bahwa dalam proses komunikasi partisipatif dalam Festival Pesona Budaya masyarakat Desa Pengadangan belum sepenuhnya terlibat secara aktif. Dari empat tahap proses komunikasi partisipatif, masyarakat sebagian besar terlibat pada tahap pelaksanaan acara sedangkan pada tahap perencanaan, pemanfaatan, dan evaluasi sebagian besar masyarakat yang terlibat beraal dari pemuda yang tergabung dalam karang taruna, pemerintah desa, organisasi seni dan sebagian kecil dari tokoh adat dan agama. Begipula dengan kontribusi yang diberikan oleh masyarakat sebagian besar disalurkan melalui keahlian dan tenaga yang mereka miliki, hanya sebagian kecil masyarakat yang berkontribusi dalam bentuk pikiran dan barang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Desa Wisata, interaksi simbolik, komunikasi partisipatif, Festival Pesona Budaya
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:19
Last Modified: 03 Apr 2024 04:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44839

Actions (login required)

View Item View Item