PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOHE KAMBING YANG DIFERMENTASI DENGAN BIOAKTIVATOR Streptomyces sp. TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM TANAMAN CABAI

Imam, Nurizal (2024) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOHE KAMBING YANG DIFERMENTASI DENGAN BIOAKTIVATOR Streptomyces sp. TERHADAP PENYAKIT LAYU FUSARIUM TANAMAN CABAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IMAM NURIZAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL FIX IMAM NURIZAL.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kohe kambing yang difermentasi dengan bioaktivator Streptomyces sp. terhadap penyakit layu yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. pada tanaman cabai (C. frutescens). Percobaan dilaksanakan di sawah milik petani pada bulan Mei - September 2023, di Kelurahan Surya Wangi, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan yaitu T0 (Tanpa pemberian pupuk), B0 (Pupuk KOHE Kambing tanpa penambahan bioaktivator), BA1 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSI), BA2 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSC), BA3 (Pupuk KOHE Kambing + BSI + BSC), dan BA4 (Pupuk KOHE Kambing + SH + BSI + BSC) dan setiap perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga didapatkan 36 unit petak percobaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada parameter insiden penyakit fusarium, jumlah buah, serta bobot buah menunjukkan hasil yang berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kohe Kambing, Bakteri Streptomyces sp., Cabai, Layu fusarium Pertumbuhan, Hasil
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:53
Last Modified: 05 Apr 2024 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44859

Actions (login required)

View Item View Item