“STRESS ANALYSIS ROLL BAR PADA CHASSIS KENDARAAN PROTOTYPE UNRAM DI KOMPETISI SHELL ECO-MARATHON ASIA PASIFIC AND MIDDLE EAST 2023”

Made Yogi, Sastrawan (2024) “STRESS ANALYSIS ROLL BAR PADA CHASSIS KENDARAAN PROTOTYPE UNRAM DI KOMPETISI SHELL ECO-MARATHON ASIA PASIFIC AND MIDDLE EAST 2023”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA MADE YOGI SASTRAWAN_F1C020083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL MADE YOGI SASTRAWAN.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Berbagai cara untuk meningkatkan keselamatan pada suatu kendaraan terutama pada mobil bagian roll bar dengan memilih material, material yang digunakan pada pemilihan material roll bar yang digunakan yaitu Aluminium, Baja stainles, dan Baja galvanis. Dengan menggunakan material yang tepat pada pembuatan roll bar sehingga dapat meningkatkan daya tahan rollbar dan dapat mengurangi kerusakan pada kendaraan serta menambahkan angka keselamatan. Pada penelitian software yang digunakan adalah Autodesk Inventor Professional 2024 dengan simulasi stress anlysis dan menggunakan chassis prototype pada bagian roll bar sebagai bahan penelitian dengan material yang di variasikan yaitu aluminium, baja stainles, dan baja galvanis serta tebal frame yang divariasikan yaitu 1,6 mm dan 1,8 mm. Dalam penelitian ini Langkah kerja penelitian yang dilakukan yaitu membuat desain 2D,3D chassis dan roll bar, membuat dan mengatur serta melakukan validasi mesh, memasukan parameter simulasi atau kondisi batas pada chassis bagian roll bar, pengaturan iterasi simulasi, running, dan result report simulation. Nilai Von Mises tertinggi pada material aluminium dengan 6085,68 MPa untuk tebal frame 1,6 mm dan 6776,75 MPa untuk tebal frame 1,8 mm, nilai massa ter-ringan didapatkan pada material aluminium dengan tebal frame 1,6 mm dan 1,8 mm memiliki massa yang paling rendah atau paling ringan diantara material lainnya dengan nilai 8,76 kg untuk tebal frame 1,6 mm dan 9,74 kg untuk tebal frame 1,8 mm. material baja stainlessdengan tebal frame 1,6 mm dan 1,8 mm memiliki massa paling tinggi atau yang terberat dari material lainnya yaitu dengan nilai 25,903 kg untuk tebal frame 1,6 mm dan 28,952 kg untuk tebal frame 1,8 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): chassis, roll bar, frame, simulasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:53
Last Modified: 05 Apr 2024 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44861

Actions (login required)

View Item View Item