ANALISA KEKUATAN TARIK DAN GESER DENGAN VARIAN TATA LETAK SERAT GELAS DAN SERAT BAMBU UNTUK PEMAKAIAN KOMPOSIT FLEKSIBEL

LALU ABDURRAHMAN, WAHID (2024) ANALISA KEKUATAN TARIK DAN GESER DENGAN VARIAN TATA LETAK SERAT GELAS DAN SERAT BAMBU UNTUK PEMAKAIAN KOMPOSIT FLEKSIBEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA - F1C118016- LALU ABDURRAHMAN WAHID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
PAPER-TA-F1C118016-LALU ABDURRAHMAN WAHID.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Dalam perkembanganya, serat yang digunakan tidak hanya serat sintetis (fiberglass) tetapi juga serat alami (natural fiber) dengan masing-masing sifat yang berbeda. Dari keunggulan dan kelemahan masing-masing serat bambu dan serat gelas tersebut memungkinkan dibuat nya komposit fleksibel dengan tujuan agar komposit yang dibuat tidak mudah patah atau mudah dibentuk dengan varian tata letak agar mendapatkan hasil perbandingan yang signifikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pengunaan komposit fleksibel dari material komposit dengan penguat serat gelas dan serat bambu agar dapat menciptakan komposit yang tidak mudah rusak dan dapat dimanfaatkan jangka Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kekuatan tarik dan geser dari komposit dengan hasil penelitian yang didapatkan letak serat penguat juga berpengaruh besar terhadap bahan komposit. Pada penelitian ini digunakan tiga jenis variasi tata letak anyaman, yaitu plain wave, twill wave, dan satin wave. Pengujian kekuatan tarik menggunakan standar ASTM D3039 dan pengujian geser menggunakan standar ASTM D732 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi matriks sangat berpengaruh pada kekuatan tarik maupun kekuatan geser material komposit. Variasi yang paling bagus menahan kekuatan tarik dan geser yaitu variasi satin wave dengan nilai rata-rata kekuatan tarik sebesar 81,67 N/mm 2 dan nilai ratarata kekuatan geser sebesar 33,92 N/mm 2 dengan nilai modulus elastisitas 2774,2 Mpa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Serat Bambu, Serat Gelas, Variasi Anyaman, Komposit Fleksibel.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:16
Last Modified: 18 Apr 2024 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44901

Actions (login required)

View Item View Item