IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) SEBAGAI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA GERUNG PERMAI, KECAMATAN SURALAGA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR.

QUDUSIAH SITI, RAHAYU (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) SEBAGAI PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA GERUNG PERMAI, KECAMATAN SURALAGA, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI QUDUSIAH SITI RAHAYU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
2035-Article Text-10359-1-10-20240213.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kemiskinan sudah menjadi permasalahan yang sering terjadi di Indonesia. Akibat adanya kemiskinan mengakibatkan banyak yang belum mengenyam pendidikan dengan layak, kurang mendapatkan fasilitas kesehataan sehingga banyak yang kena stanting, kurang gizi, kesehaatan ibu hamil kurang diperhatikan, lansia, penyandang disabilitas kurang di prioritaskan. Maka pemerintah mengeluarkan sebuah Program Keluarga Harapan (PKH) untuk menanggulangi masalah kemiskinan baik dari aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai penanggulangan kemiskinan; 2)faktor pendorong dan penghambat implementasi PKH sebagai penanggulangan kemiskinan di Desa Gerung Permai, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) implementasi PKH sebagai penanggulangan kemiskinan ditemukan tiga aspek yaitu aspek kesehatan sudah berjalan sesuai program, aspek pendidikan sudah berjalan dan aspek kesejahteraan sosial belum berjalan sesuai program; 2) Faktor pendorong dan penghambat implementasi PKH yaitu peran aktif pendamping PKH dalam memberikan informasi dan mendampingi KPM, keaslian data, negara ikut berpartisipasi, dukungan masyarakat, pendamping PKH melaksanakan tugas sedangkan faktor penghambat yaitu KPM PKH kurang paham materi, kesadaran memotivasi anak masih kurang, update data masih kurang, malu bertanya jika tidak paham materi, SDM pendamping kurang, petugas tidak berbuat adil dan data tidak valid. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Implementasi PKH sebagai penanggulangan kemiskinan dalam aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial rata-rata sudah berjalan sesuai dengan proggram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi, Program Keluarga Harapan (PKH), Kemiskinan.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:17
Last Modified: 18 Apr 2024 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44903

Actions (login required)

View Item View Item