PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Eka Fatma Okfiatul, Janah (2024) PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL WAKTU PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eka Fatma_C1M019036[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal Eka Fatma_C1M019036[1].pdf

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan interval waktu pemberian pupuk organik cair daun gamal terhadap pertumbuhan dan hasil pakcoy telah dilakukan dengan metode experimental di greenhouse dari plastik UV menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organik cair dengan empat tingkatan konsentrasi, yaitu 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%. Faktor kedua adalah interval waktu aplikasi pupuk organik cair; terdiri atas 1 kali seminggu, 2 kali seminggu, dan 3 kali seminggu. Hasil percobaan menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan kecuali luas daun dan berat brangkasan kering. Interval waktu aplikasi pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, laju pertambahan jumlah daun, berat brangkasan basah tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap laju pertambahan tinggi tanaman, luas daun, dan berat brangkasan kering. Terjadi interaksi antara perlakuan konsentrasi pupuk organik cair dan interval waktu aplikasi pupuk organik cair terhadap parameter tinggi tanaman dan jumlah daun tetapi tidak terjadi interaksi pada parameter lainnya. Berat brangkasan basah terbaik diperoleh pada pemberian konsentrasi pupuk organik cair daun gamal 10% (100 ml/liter) dengan interval waktu aplikasi 3 kali seminggu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pakcoy, Daun Gamal, Pupuk Organik Cair, Konsentrasi, Interval waktu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:18
Last Modified: 18 Apr 2024 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44918

Actions (login required)

View Item View Item