POLA PEMBAGIAN KERJA ORANGTUA DAN KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA YANG BEKERJA DI INDUSTRI BATU BATA DESA KORLEKO LOMBOK TIMUR

ISTIHARATUL, MUBAYYINAH (2024) POLA PEMBAGIAN KERJA ORANGTUA DAN KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA YANG BEKERJA DI INDUSTRI BATU BATA DESA KORLEKO LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI. ISTIHARATUL MUBAYYINAH..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel. ISTIHARATUL MUBAYYINAH.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola pembagian kerja orang tua dan keberlangsungan pendidikan anak pada keluarga yang bekerja di industri batu bata Desa Korleko Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Subjek penelitian adalah kedua orang tua bekerja dan memiliki tanggungan anak pada keluarga buruh yang ada di Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Informan penelitian ini adalah Kader Desa Korleko, pemilik industri batu bata, dan buruh batu bata. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembagian kerja orang tua pada keluarga yang bekerja di buruh industri batu bata menemukan 3 bentuk pola pembagian kerja orangtua yaitu: 1) ayah sebagai breadwinner, 2) ibu sebagai breadwinner dan housewife, dan 3) ibu sebagai housewife. Keberlangsungan pendidikan anak pada keluarga yang bekerja di industri batu bata menemukan 3 cara melangsungkan pendidikan anak yaitu: 1) menukarkan jasa dengan cara aktif, 2) memproduksi jasa dengan pendampingan belajar, dan 3) memfasilitasi belajar anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola pembagian kerja orangtua, pendidikan anak, buruh.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Apr 2024 23:44
Last Modified: 22 Apr 2024 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44946

Actions (login required)

View Item View Item