HUBUNGAN ANTARA KADAR AIR TANAH DAN TEKSTUR TANAH TERHADAP LAJU DAN KAPASITAS INFILTRASI DI RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) UNIVERSITAS MATARAM

Yuni, Rahmawati (2024) HUBUNGAN ANTARA KADAR AIR TANAH DAN TEKSTUR TANAH TERHADAP LAJU DAN KAPASITAS INFILTRASI DI RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNI RAHMAWATI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal yuni rahmawati PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ruang Terbuka Hijau Universitas Mataram memiliki berbagai macam jenis vegetasi, sehingga berpotensi dapat memungkinkan terjadinya perbedaan laju dan kapasitas infiltrasi di setiap zona wilayahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju dan kapasitas infiltrasi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Universitas Mataram dan menganalisis hubungan antara kadar air dan tekstur tanah di wilayah Ruang Terbuka Hijau (RTH) Universitas Mataram dengan laju dan kapasitas infiltrasi. Pengukuran infiltrasi dilakukan di 10 zona RTH Universitas Mataram, di mana di setiap zona ditetapkan 2 ulangan yaitu 1 ulangan untuk area tertutup dan 1 ulangan pada area terbuka (tanpa tegakan pohon). Hasil laboratorium menunjukkan tekstur tanah yang mendominasi di seluruh zona RTH Universitas Mataram yaitu pasir berlempung. Dan kadar air tanah di setiap zona wilayah RTH Universitas Mataram yaitu berkisar antara 1,13 % - 9,03 %. Laju infiltrasi tertinggi terdapat pada zona terbuka, dengan nilai rataratanya untuk semua zona yaitu 48,61 cm/jam dan terendah pada zona tertutup yaitu 30,58 cm/jam. Kapasitas infiltrasi tertinggi terdapat pada zona terbuka, dengan nilai JURNAL TENGKAWANG (20xx) Vol. x (x): xx - xx 2 rata-ratanya untuk semua zona terbuka yaitu 25,8 cm/jam lebih tinggi dibandingkan pada zona tertutup yaitu 20,4 cm/jam. Hasil uji-t antara laju & kapasitas infiltrasi horton dengan laju & kapasitas infiltrasi aktual menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan. Hasil uji korelasi menunjukkan tekstur tanah (pasir, debu), dan kadar air tanah tidak berkorelasi dengan laju dan kapasitas infiltrasi di RTH Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): infiltrasi, kadar air, RTH, tekstur.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Apr 2024 23:44
Last Modified: 22 Apr 2024 23:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44948

Actions (login required)

View Item View Item