PUTRADI, PUTRADI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TIPE TANDUR BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL_PUTRADI_E1M013040.pdf Download (560kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learning tipe TANDUR berbantuan mind map terhadap hasil belajar kimia materi termokimia siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram yang berjumlah 177 siswa yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling sehingga didapatkan kelas sampel yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum learning tipe TANDUR berbantuan mind map sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t bentuk separated varians pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel ( 2,23 < 1,99) yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning tipe TANDUR berbantuan mind map berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kimia materi termokimia siswa kelas XI IPA SMAN 6 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | quantum learning tipe TANDUR, mind map, dan hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 01:36 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 01:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4541 |
Actions (login required)
View Item |