PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM

NUFUS, SITI SYIFA’UN (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti Syifa'un Nufus.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis multiple intelligences merupakan pembelajaran yang dapat mengakomodasi tumbuh dan berkembangnya kecerdasan jamak (multiple intelligences). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar IPA Biologi siswa . Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram tahun ajaran 2015/2016, dan penentuan sampel dilakukan dengan teknik non random sampling sehingga didapatkan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pembelajaran berbasis multiple intelligences adalah lembar observasi keterlaksanaan RPP, kesadaran metakognisi diukur dengan rubrik MAI (Metacognitive Awareness Inventory) dan penilaian hasil belajar IPA Biologi menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multiple intelligences memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar IPA Biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:04
Last Modified: 21 Jun 2018 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item