TANGGUNG JAWAB RESELLER TERHADAP KONSUMEN DALAM SISTEM JUAL BELI ONLINE

Oktaviandi, Arbi Hidayat (2017) TANGGUNG JAWAB RESELLER TERHADAP KONSUMEN DALAM SISTEM JUAL BELI ONLINE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3. Isi Skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan hukum antara reseller dengan konsumen dalam sistem jual beli online dan untuk mengetahui bagaimana bentuk tanggungjawab pihak reseller terhadap konsumen tersebut. Manfaat penelitian ini terdiri dari manfaat akademis, teoritis, dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas transaksi jual beli online yang terjadi dengan pihak reseller. Terkait prosedur transaksi jual beli online, pada dasarnya mayoritas penduduk Indonesia hanya menggunakan prinsip kepercayaan. Dan banyaknya faktor-faktor penyebab tidak terlindunginya konsumen. Mulai dari lemahnya penerapan peraturan perundang-undangan yang mengatur hal tersebut, kurangnya Pengetahuan konsumen mengenai transaksi online dan kurang kehati-hatian konsumen dalam melakukan transaksi online. Mengenai upaya perlindungan hukum bagi konsumen dalam jual beli online melalui dunia maya adalah dengan upaya preventif dari pemerintah atau dari konsumen sendiri dan upaya represif berupa penegakan hukum untuk melindungi konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Konsumen, Jual Beli Online, Media Sosial
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 28 Aug 2017 00:40
Last Modified: 28 Aug 2017 00:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item