PENGARUH SIMULASI KOMPUTER PhET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MA NW PERIAN THE INFLUENCE OF PhET COMPUTER SIMULATION AS A LEARNING MEDIA OF PHYSIC FOR MOTIVATION AND LEARNING OUTCOME AT PHYSIC GRADE XI MA NW PERIAN

Al-Parisi, Muh. Salman (2018) PENGARUH SIMULASI KOMPUTER PhET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MA NW PERIAN THE INFLUENCE OF PhET COMPUTER SIMULATION AS A LEARNING MEDIA OF PHYSIC FOR MOTIVATION AND LEARNING OUTCOME AT PHYSIC GRADE XI MA NW PERIAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL MUHAMMAD SALMAN AL-PARISI E1Q012028 PENGARUH SIMULASI KOMPUTER PHET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOT~1.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh simulasi komputer PhET terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI MA NW Perian. Penelitian dilakukan pada kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok non- ekuivalen dengan pretest dan posttest. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur motivasi siswa adalah rubrik penilaian sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi belajar sebesar 86,33 untuk kelas eksperimen dan rata-rata sebesar 67,76 untuk kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar untuk kelas eksperimen diperoleh sebesar 81,71 dan rata-rata sebesar 68,94 untuk kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh media simulasi Komputer PhET terhadap motivasi belajar dengan menggunakan uji- t, didapatkan perbandingan thitung dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 36 yakni 2,36 > 2,03 yang menunjukkan adanya pengaruh simulasi Komputer PhET terhadap motivasi belajar. Hasil uji hipotesis untuk melihat pengaruh media simulasi Komputer PhET terhadap hasil belajar dengan menggunakan uji-t, dimana uji tersebut menghasilkan perbandingan thitung dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 36 yakni 2,23 > 2,03 yang menunjukkan adanya pengaruh simulasi Komputer PhET terhadap hasil belajar. Hasil uji hipotesis untuk melihat pengaruh simulasi Komputer PhET terhadap motivasi dan hasil belajar dilakukan dengan uji manova. Hasil uji menunjukkan perbandingan Fhitung dan Ftabel pada taraf signifikan 5% serta dk pembilang 20 dan dk penyebut 16 sebesar 29,84 > 2,28, sehingga disimpulkan bahwa media simulasi Komputer PhET berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): PhET computer simulation media, learning motivation, learning outcome
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:34
Last Modified: 21 Jun 2018 03:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item View Item