Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Gunawan, Gunawan (2012) Pengembangan Multimedia Interaktif Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. In: Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2012, 3 November 2012, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Prosiding SNPS 2012_Gunawan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan sebuah model multimedia interaktif fisika dan menguji efektivitasnya terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan fisika dasar yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang terintegrasi dengan penguasaan konsep fisika. Data dianalisis menggunakan uji beda rerata dan skor gain yang dinormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan mahasiswa kelas kontrol. Peningkatan tertinggi terjadi pada indikator kemampuan membuat kesimpulan sebesar 56% pada kelas eksperimen dan 43% pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif fisika efektif dalam mendukung pembelajaran fisika dasar, sehingga penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritisnya menjadi lebih baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): Multimedia Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 06 Jun 2018 09:06
Last Modified: 06 Jun 2018 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item