ANALISIS NILAI PENDIDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “BUMI CINTA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

ISLAM, AZANUL (2016) ANALISIS NILAI PENDIDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL “BUMI CINTA” KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C 011 001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel “Bumi Cinta” serta bagaimanakah relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan akhlak yang meliputi akhlak terhadap Allah Swt, akhlak terhadap Rasulullah Saw, akhlak pribadi, dan akhlak bermasyarakat. Setelah melakukan analisis tersebut kemudian direlevansikan pada pembelajaran sastra di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan teknik catat. Data yang digunakan sebagai dasar penelitian yaitu berupa kalimat-kalimat dan wacana. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Bagian dari analisis ini adalah: (1) Akhlak terhadap Allah Swt, diantaranya adalah Takwa, Cinta dan Ridho, Ikhlas, khauf dan raja’, tawakkal, syukur, muraqabah, dan taubat. (2) Akhlak terhadap Rasulullah Saw. diataranya adalah mengikuti dan menaati Rasulullah Saw, dan mencintai dan memuliakan Rasulullah Saw. (3) Akhlak Pribadi diantaranya adalah Sidiq, amanah, iffah, mujahadah, sabar, istiqomah, syaja’ah, malu, dan tawaddu’. (4) Akhlak bermasyarakat diantaranya adalah bertamu dan menerima tamu, hubungan baik kepada masyarakat, dan hubungan baik kepada tetangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan Akhlak, Pembelajaran Sastra di SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 28 Aug 2017 00:39
Last Modified: 28 Aug 2017 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item