Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik

Dewi, Shinta Mutiara and Harjono, Ahmad and Gunawan, Gunawan and Sahidu, Hairunnisyah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 100-112. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 6 Buku Virtual Lab.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Fisika sebagai bagian dari IPA mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Oleh karena itu, diharapkan dalam pembelajarannya, fisika disuguhkan dengan cara-cara yang dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Upaya mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut diperlukan suatu inovasi model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran menurut peneliti yang memberikan peluang peserta didik dalam memahami konsep fisika adalah model pembelajaran berbasis masalah yang diintegrasikan dengan simulasi virtual. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika peserta didik. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan non-equivalent control group design. Pada penelitian ini melibatkan variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis masalah dan simulasi virtual, variabel terikat yaitu penguasaan konsep dan kreativitas, serta variabel kontrol yaitu kemampuan awal kelas eksperimen dan kelas kontrol dianggap sama, guru, materi, tujuan pembelajaran, instrumen yang digunakan, dan cara penilaian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dalam komponen kognitif dari C1 sampai C6 untuk memperoleh gambaran penguasaan konsep fisika dan soal uraian sebanyak 8 soal untuk memperoleh gambaran kreativitas fisika peserta didik yang meliputi 5 tes kreativitas verbal dan 3 tes kreativitas figural. Tes penguasaan konsep dilakukan berbagai macam pengujian yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda sedangkan pada tes kreativitas diuji validitasnya oleh para ahli. Uji prasayarat analisis data menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas data. Uji analisis data dilakukan dengan uji t polled varian. Data hasil penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji N-gain untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep. Selain itu, kreativitas peserta didik juga meningkat karena adanya pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran berbasis masalah, simulasi virtual, penguasaan konsep, kreativitas fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:45
Last Modified: 29 Jun 2018 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4622

Actions (login required)

View Item View Item