Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Kusdiastuti, Mahesti and Harjono, Ahmad and Sahidu, Hairunnisyah and Gunawan, Gunawan (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 114-127. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 7 Buku Virtual Lab.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Tantangan dalam pembelajaran sains sendiri tidak hanya menuntut peserta didik menguasai konsep, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satu keterampilan berpikir yang dapat dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah. Fisika merupakan bagian sains yang fokus kajiannya pada materi dan energi serta hubungan antara keduanya. Beberapa konsep dalam fisika termasuk konsep abstrak, yang menyebabkan kesulitan dalam visualisasi dan penyampaiannya kepada peserta didik. Berdasarkan kenyataan yang telah dipaparkan, maka perlu dilakukan usaha perbaikan dalam kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test-post-test control group design. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penguasaan konsep berupa tes pilihan ganda sebanyak 22 soal dan instrumen kemampuan pemecahan masalah berupa tes uraian sebanyak 5 soal. Instrumen penguasaan konsep diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan taraf kesukaran, sedangkan tes kreativitas divalidasi oleh para ahli. Uji F digunakan untuk menguji homogenitas data dan uji normalitas untuk mengetahui apakah data terdistribusi normal atau tidak. Untuk mengetahui nilai peningkatan kedua kelas sebelum dan sesudah diberi perlakuan, digunakan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuri berbantuan laboratorium virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik MA DI Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran inkuiri, laboratorium virtual, penguasaan konsep, pemecahan masalah fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 06:55
Last Modified: 29 Jun 2018 05:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item