Hastuti, Andriyani and Sahidu, Hairunnisyah and Gunawan, Gunawan and Harjono, Ahmad (2017) Pengaruh Model Problem Based-Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 128-142. ISBN 9786026800404
|
Text
Ringkasan Bab 8 Buku Virtual Lab.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Pada proses pembelajaran fisika, peserta didik harus aktif dan rajin mengerjakan latihan soal, berdiskusi, serta tanya jawab. Tujuan penelitian ini yaitu meneliti pengaruh model problem based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur penguasaan konsep dan berupa soal uraian sebanyak 8 soal untuk mengukur pemecahan masalah. Sebelum digunakan, semua instrumen diuji coba instrumen yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, taraf kesukran, dan daya beda. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan uji N-gain Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning sesuai untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep mereka.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model problem based learning, media virtual, penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah fisika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. Gunawan M.Pd |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 07:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 05:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4624 |
Actions (login required)
View Item |