Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Arianti, Baiq Ida and Sahidu, Hairunnisyah and Harjono, Ahmad and Gunawan, Gunawan (2017) Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. In: Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Fisika. Arga Puji Press, Mataram, pp. 143-158. ISBN 9786026800404

[img]
Preview
Text
Ringkasan Bab 9 Buku Virtual lab.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penemuan konsep fisika didasari dengan penemuan-penemuan ilmiah melalui percobaan yang dilakukan dengan kegiatan laboratorium. Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh penggunaan model direct instruction berbantuan simulasi virtual diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah belajar menggunakan model tersebut. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah mereka juga meningkat akibat adanya media virtual yang diintegrasikan dengan model pembelajaran.

Item Type: Book Section
Keywords (Kata Kunci): model direct instruction, simulasi virtual, penguasaan konsep, pemecahan masalah fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Gunawan M.Pd
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:20
Last Modified: 29 Jun 2018 05:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4625

Actions (login required)

View Item View Item