EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Ikalor, Allvanialista (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALLVANIALISTA IKALOR (E1A012004).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA di sekolah kurang melibatkan peran aktif siswa dan lebih banyak mengarahkan siswa untuk menghapal informasi. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Discovery Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Penentuan sampel dengan cara purposive sampling dan didapatkan 2 kelas sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi siswa adalah test essay. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t pooled varians pada α 0,05 dengan bantuan Microsoft Excel 2007. Efektivitas penerapan model discovery learning di lihat dari persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis ialah 75,64 dan penguasaan konsep biologi ialah 78,71. Hasil uji beda kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (3,5 > 1,99) dan untuk penguasaan konsep biologi (4,29 > 1,99). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan untuk kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep Biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:31
Last Modified: 21 Jun 2018 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item