ANALISIS BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA MANTRA- MANTRA DI DESA ANYAR KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

KARMIASIH, ENI (2016) ANALISIS BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA MANTRA- MANTRA DI DESA ANYAR KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S3 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C 011 007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

Desa Anyar merupakan desa yang kaya akan budaya lokal. Salah satu budaya yang masih ada yaitu budaya mantra. Budaya mantra harus kita lestarikan dengan cara mendokumentasikannya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah bentuk mantra yang terdapat pada masyarakat desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, bagaimanakah fungsi dan makna mantra yang terdapat pada masyarakat desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dan bagaimanakah mantra-mantra yang terdapat di desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara digunakan sebagai penunjang pembelajaran sastra di SMA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk dan media mantra yang terdapat pada masyarakat desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, mendeskripsikan fungsi dan makna mantra yang terdapat pada masyarakat desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, mendeskripsikan mantra- mantra yang terdapat di desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara digunakan sebagai penunjang pembelajaran sastra di SMA. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kerjasama dengan informan, dan transkrifsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan hermeneutika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masyarakat Anyar terdapat 29 mantra putih, bentuk mantra tersebut berupa pantun, karmina, dan syair, bentuk isi yaitu mantra kecantikan (sepenembo), mantra kepintaran (sepemenga), mantra penakluk makhluk halus (sepenabek), mantra pengusir mahluk halus (sepenungkul), dan lain-lain. Adapun fungsi dari mantra ada dua yaitu (1) fungsi mantra Anyar sebagai folklor lisan dan (2) fungsi mantra Anyar berdasarkan isi/pesannya. Kebanyakan dari mantra ini mengandung makna keindahan, kecerdasan, ketentraman, kebersamaan, dan kesembuhan. Penelitian ini dapat dijadikan bahan ajar pembelajaran sastra di SMA .

Item Type: Thesis (S3)
Keywords (Kata Kunci): Bentuk, Fungsi, Makna, Mantra, dan Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 28 Aug 2017 00:39
Last Modified: 28 Aug 2017 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item