EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

DEVITA, ROBIATUN (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONAL DAN HASILBELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL KONSUL.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan personal dan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling,sehingga terpilih kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) lembar observasi rahmat sosial 2)rubrik penilaian produk sebagai wujud ekspresi kemampuan personal siswa. 3) Soal essay sebagai tes hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa.langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik (100%). Data dianalisis dengan bantuan program Microsft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan rumus t-tes pada taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan personal siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p<0,05) dan 2) ada perbedaan hasil belajar kognitif IPA Biologi siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan siswa yang tidak belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran berbasis proyek , kemampuan personal, hasil belajar kognitif IPA Biologi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jun 2018 03:31
Last Modified: 21 Jun 2018 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item