PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

ARDIANI, NURFANI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Nurfani Ardiani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 3 Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif adalah test assay dan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian menggunakan rumus t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji stastistik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran aktif Question Student Have (QSH) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 3 Gunungsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran QSH, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:43
Last Modified: 28 Jun 2018 06:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4697

Actions (login required)

View Item View Item