PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS XA MA. AL-AZIZIYAH PUTRA

Ichsan, Muhamad (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS XA MA. AL-AZIZIYAH PUTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa)
E1C013021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berbicara dan kepercayaan diri pada pembelajaran bahasa indonesia kelas XA MA. Al-Aziziyah Putra tahun pelajaran 2016/2017. Penyebabnya adalah kurang inovasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang percaya diri dalam pembelajaran ataupun di depan kelas, dan sulit dalam mengembangkan ide / gagasan dalam mengemukakan pendapat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri melalui metode bermain peran siswa kelas kelas XA MA. Al-Aziziyah Putra. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa melalui metode bermain peran kelas XA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dari penelitain ini adalah siswa kelas XA MA. Al- Aziziyah Putra yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari pratindakan ke siklus I dan ke siklus II. Terjadi penurunan kegiatan guru dari siklus I ke siklus II yakni dari 77,08% menjadi 76,04% tetapi masih dalam kategori baik. Pada kegiatan siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni dari 57,63% dengan kategori cukup menjadi 70,82% dengan kategori baik. Terjadi peningkatan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa dari siklus I ke siklus II yakni dari 60% menjadi 100% . Persentase tersebut menunjukkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa pada siklus II sudah mencapai persentase ketuntasan yang ditetapkan yaitu 75% dari jumlah siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan berbicara, kepercayaan diri dan metode bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:55
Last Modified: 15 Aug 2017 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item