PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

F I T R I A R I A N I, F I T R I A R I A N I (2016) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di SMPN 13 Mataram dari bulan September sampai Oktober 2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment (eksperimen semu) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa. Desain penelitiannya menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram yang terbagi menjadi 8 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah test obyektif (pilihan ganda). Uji hipotesis data hasil penelitian menggunakan rumus independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% yang dihitung dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil uji hipotesis data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,103>1,663. Hal ini berarti bahwa penerapan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:43
Last Modified: 28 Jun 2018 06:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item