PRANATA, DENNY ALIM (2016) GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI DENNY ALIM E1A009009.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan gaya belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah kelas VIII.C, VIII.D dan VIII.E yang diperoleh melalui tehnik purpossive sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket yang terdiri dari 36 butir pertanyaan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model Miles and Huberman. Prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII dalam pembelajaran IPA memiliki kecenderungan gaya belajar visual. Kelas VIII.C, VIII.D dan VIII.E cenderung belajar dengan gaya belajar visual yang tergolong baik (masing-masing:71,67%; 73%; 75,38%). Secara keseluruhan kecenderungan gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VIII pada masing-masing jenis gaya belajar diperoleh persentase rata-rata gaya belajar visual: 73,35%; auditoris: 69,08%; dan kinestetik: 68,74%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran IPA. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:40 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4707 |
Actions (login required)
View Item |