KORELASI ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2013/2014

APRIANI, NI MADE WENDRI APRIANI (2014) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 1 KURIPAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WENDRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar IPA siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014, untuk mengetahui korelasi antara keterampilan metakognitif siswa perempuan dengan hasil belajar IPA siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui korelasi antara keterampilan metakognitif siswa laki-lakidengan hasil belajar IPA siswa Kelas VII SMPN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuripan yang terdiri dari 7 kelas, dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas, yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori keterampilan metakognitif atau MAI (Metacognitive Awareness Inventory) yang terdiri dari 30 item pernyataan. Data hasil penelitian dianalisis dengan komputer program Microsoft excel 2007 dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product moment dengan taraf kepercayaan 95%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa,nilai korelasi semua responden (102 siswa)pada tes akhir (post-test) diperoleh sebesar 0,38 (rendah). Selanjutnya, nilai korelasi siswa perempuan dan siswa laki-laki menunjukkan hasil yangberbeda, dimana siswa laki-laki memperoleh nilai lebih tinggi, yaitu 0,36 dengan kategori rendahdan siswa perempuan (0,32) dengan kategori rendah. Kesimpulan dari uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1) Ada korelasi (hubungan) yang positif dan signifikanantara keterampilan metakognitif dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 1 Kuripan sebesar 0,38 (rendah), dengan sumbangan koefisien diterminan sebesar 14,4%. 2) Ada korelasi(hubungan) yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif perempuan dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 1 Kuripan sebesar 0,32 (rendah), dengan sumbangan koefisien diterminan sebesar 10,2%. 3)Ada korelasi(hubungan) yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognitif laki-laki dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 1 Kuripan sebesar 0,36 (rendah), dengan sumbangan koefisien diterminan sebesar 13%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan metakognitif siswa, hasil belajar IPA (Biologi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 06:40
Last Modified: 28 Jun 2018 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item