PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMPN 6 MATARAM

WAHYUNINGSIH, WAHYUNINGSIH (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMPN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Penelitian.docx

Download (70kB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah umumnya masih mengandalkan bahasa verbal dalam penyampaian materi, sehingga keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu solusinya adalah menggunakan media belajar berbasis audiovisual yang mampu meningkatkan aspek metakognitif dan penguasaan konsep siswa, seperti Macromedia Flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa kelas VIII SMPN 6 Mataram yang menggunakan pembelajaran berbasis Macromedia Flash dengan tanpa Macromedia Flash. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Mataram. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk pre-experimental dengan rancangan the static-group comparison design. Instrumen penelitian untuk keterampilan metakognitif yaitu rubrik MAI, sedangkan penguasaan konsep menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus uji t separated varian dan polled varian pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) siswa yang dibelajarkan dengan Macromedia Flash memiliki nilai rata-rata keterampilan metakognitif yang lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa Macromedia Flash, yaitu 85,84 dan 66,80. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan metakognitif siswa antara kedua kelas tersebut. 2) nilai rata-rata penguasaan konsep siswa pada kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen yaitu sebesar 85,44 dan 84,79. Analisis uji t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan Macromedia Flash dengan siswa yang belajar tanpa Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan metakognitif, Macromedia Flash, Penguasaan Konsep
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:57
Last Modified: 28 Jun 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item