EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011

NINGSIH, BQ. IDA RAHAYU (2013) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi bq. ida rahayu ningsih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Role playing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram dan sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah dengan tes untuk data hasil belajar biologi siswa dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil observasi aktifitas guru dan siswa, pada kelas ekperimen guru aktif dan sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol guru aktif dan kurang aktif dan sangat aktif. Hasil aktifitas siswa pada kelas ekperimen yang sangat aktif 2,27%, aktif 79,54%, cukup aktif 6,81%, kurang aktif 9,09% dan tidak aktif 2,27%, dan kelas kontrol siswa yang sangat aktif 2,32%, aktif 2,32%, cukup aktif 62,79%, kurang aktif 23,25%, dan tidak aktif 9,30%, sehingga keaktifan siswa lebih tingggi pada kelas ekperimen dari pada kelas kontrol. dari analisis ketuntasan belajar kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan ketuntasan klasikan 84,09% kelas ekperimen dan 44,18% kelas kontrol, dengan KKM > 65. Dari hasil uji homogenitas varians nilai pre- test diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,0 < 1,68) yang berarti bahwa varians kedua sampel homogen dan untuk post -test diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,10 < 1,68) yang berarti bahwa varians kedua sampel homogen, dan untuk nilai beda post- test dan pre- test diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,26 < 1,68) maka varian homogen. uji hipotesis digunakan uji t polled varians dan dari hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2,45. Selanjutnya nilai thitung tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi dengan α = 0,05 (1,68), sehingga diperoleh nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (2,45 > 1,68). nilai thitung > nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role plying efektif meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 19 Mataram tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode pembelajaran Role playing (bermain peran) hasil belajar biologi siswa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2018 02:28
Last Modified: 28 Jun 2018 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item