Susilawati, Lale (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMPN 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjajaki apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe ‘Think Pairs Share (TPS)” dapat meningkatkan prestasi belajar biologi di SMP Negeri 1 Labuapi kelas VIII tahun ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelasVIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eskperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pembelajaran dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian berupa hasil dari tes penguasaan konsep awal dan tes penguasaan konsep akhir yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t polled varians pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis uji t, menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,617 > 1,883) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe “Think Pairs Share” meningkatkan prestasi belajar biologi di SMPN 1 Labuapi kelas VIII tahun ajaran 2010/ 2011
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | pembelajaran kooperatif, Think Pairs Share, prestasi belajar biologi. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 30 Jun 2018 02:22 |
Last Modified: | 30 Jun 2018 02:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4775 |
Actions (login required)
View Item |