PENGARUH MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEKONGKANG

Ritayani, - (2017) PENGARUH MEDIA WALL CHART (BAGAN DINDING) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEKONGKANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa)
E1C013038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sekongkang. Hal ini disebabkan oleh siswa yang belum mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat dan menyusunnya ke dalam karangan yang utuh serta kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kompetensinya secara optimal. Peneilitan ini bertujuan untuk membuktikan perbandingan hasil belajar sebelum dan setelah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sekongkang diberikan perlakuan (treatment) media wall chart dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi. Penelitian ini menggunakaan metode pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Grouph Pretes Postest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa media Wall Chart dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis karangan argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1, X2, X3 dengan jumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pertimbangan, ditetapkan bahwa kelas X2 dengan jumlah 28 siswa sebagai sampel.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa esai menulis karangan argumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS versi 20. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan skor bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (th: 8.078 <tt : 1,703) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi sebelum dan setelah siswa diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media wall chart. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart dapat meningkatkan kemampuan menulis khususnya menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): writing skill, argumentation essay, wall chart
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 02:55
Last Modified: 15 Aug 2017 02:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item