PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMPN 1 LABUAPI

Susilawati, Lale (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMPN 1 LABUAPI. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjajaki apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe ‘Think Pairs Share (TPS)” dapat meningkatkan prestasi belajar biologi di SMP Negeri 1 Labuapi kelas VIII tahun ajaran 2010/ 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Labuapi. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelasVIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eskperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pembelajaran dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian berupa hasil dari tes penguasaan konsep awal dan tes penguasaan konsep akhir yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t polled varians pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis uji t, menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,617 > 1,883) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe “Think Pairs Share” meningkatkan prestasi belajar biologi di SMPN 1 Labuapi kelas VIII tahun ajaran 2010/ 2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran kooperatif, Think Pairs Share, prestasi belajar biologi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:48
Last Modified: 05 Jul 2018 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4921

Actions (login required)

View Item View Item