PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012

Pratiwi, Maryana Dian (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan X.7 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test dan post-test dengan perlakuan berbeda. Perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen berupa penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Pengaruh pemberian perlakuan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan hasil post-tes kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (±SD) post-test untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,23 (8,10) dan nilai rata-rata (±SD) post-test kelas kontrol sebesar 68,93 (±7,97), sedangkan nilai rata-rata (±SD) post-test untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 75,07(±8,32) dan nilai rata-rata (±SD) post-test kelas kontrol sebesar 69,93 (±7,83). Secara statistik dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus pooled varians, dan diperoleh hasil uji-t untuk hasil belajar siswa yaitu thitung = 3,49 > ttabel = 1,673 dan hasil uji-t untuk kemampuan berpikir kritis siswa yaitu thitung = 2,44 > ttabel = 1,673 pada taraf kepercayaan 95%, sehingga Ha pada penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:46
Last Modified: 05 Jul 2018 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item