PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/ 2010

KHALID, JUNAEDI (2011) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/ 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi 123456.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berpikir kreatif terhadap penguasaan konsep sistem pencernaan pada siswa kelas VIII SMPN 3 Mataram. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Mataram selama bulan November tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Mataram kelas VIII tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan Purposif Sampling sebagai teknk samplingnya. Siswa kelas VIII-2 terdiri atas 32 orang sedangkan siswa kelas VIII-4 terdiri dari 35 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest- Post Test Control Group Design. Data pemahaman konsep yang diperoleh dari hasil pretes dan postes dianalisis dengan menggunakan teknik uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rerata gain kelas ekperimen sebesar 25.386 dan nilai rerata kelas kontrol sebesar 8,27. Berdasarkan hasil analisis uji t data penguasaan konsep diperoleh T hitung sebesar = 6,748 dan T tabel = 2,045 pada taraf signifikansi (α)=5 % (taraf kepercayaan 95%) dengan df = 29, diperoleh Thitung (6,748.) > Ttabel (2,045) dengan P value 0,00<0,05, maka Ha diterima yang berarti bahwa hasil belajar (penguasaan konsep) yang diperoleh kelas eksperimen dan kontrol berbeda secara nyata. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep materi yang dipelajari di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi pembelajaran berpikir kreatif, konsep sistem pencernaan manusia
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:43
Last Modified: 05 Jul 2018 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4948

Actions (login required)

View Item View Item