PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011

ISPARINI, ISPARINI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I to V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIIC SMP Negeri 19 Mataram dengan siswa yang berjumlah 42 orang. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep biologi siswa. Aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila skor aktivitas belajar berkategori aktif dan penguasaan konsep biologi siswa dikatakan meningkat apabila nilai rata-rata kelas pada siklus II lebih tinggi dari siklus I dengan KKM > 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep biologi pada siswa kelas VIIC SMPN 19 Mataram. Kategori skor aktivitas belajar pada siklus I adalah aktif (54,76%), Kurang Aktif (40,48%), dan Tidak Aktif (4,76%. ). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan persentase dengan urutan kriteria Sangat aktif (42,86%), Aktif (52,38%), Kurang Aktif (4,76%). Nilai rata-rata penguasaan konsep biologi pada siklus I adalah 76,01 dengan persentase Ketuntasan Klasikal 92,86%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya adalah 84,18 dengan persentase ketuntasan klasikal 97,62%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep biologi siswa kelas VIIC SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berdasarkan masalah, aktivitas belajar, penguasaan konsep biologi siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:27
Last Modified: 02 Jul 2018 06:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item