PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN SOFTWARE MICROSOFT POWERPOINT TANPA ANIMASI DAN ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2008/2009

MIRWATI, MIRWATI (2010) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN SOFTWARE MICROSOFT POWERPOINT TANPA ANIMASI DAN ANIMASI PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint tanpa animasi dengan siswa yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint dengan animasi pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint tanpa animasi dan kelas VIII-1 sebagai kelas yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint dengan animasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik claster random sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen komparatif. Berdasarkan analisis data dan uji statistik, didapatkan kelas VIII-2 (tanpa animasi) memiliki nilai pre test dengan rata-rata 44.53 dan standar deviasi 18.46 sedangkan untuk nilai post tesnya didapatkan rata-rata 49.68 dengan standar deviasi 16.70. Untuk kelas VIII-1 (dengan animasi) diperoleh nilai rata-rata untuk pre testnya 53.39 dengan standar deviasi 20.99 sedangkan untuk nilai post testnya memiliki nilai rata-rata 57.32 dengan standar deviasi 22.99. Setelah dilakukan uji statistik dengan uji t didapatkan t hitung untuk nilai pre test adalah 1.752 dan t tabel 2.021 pada taraf signifikan 5%. Karena t hit< t tabel maka dapat diartikan bahwa tidak ada perbedaan antara kemampuan awal siswa antara kelas tanpa animasi dan kelas dengan animasi. Sedangkan uji t untuk nilai post tesnya didapatkan t hitung=1.455 dan t tabel=2.021 pada taraf signifikan 5% maka didapat t hitung< t tabel, hal ini dapat diartikan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint tanpa animasi dan siswa yang menggunakan media berbasis multimedia dengan software microsoft powerpoint dengan animasi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar. Media powerpoint.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:43
Last Modified: 05 Jul 2018 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item