BAHRI, SAIPUL (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DENGAN TIPE COURSE REVIEW HORAY KELAS VIII SMP NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.rtf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan Course Review Horay di kelas VIII SMP Negeri I Janapria tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Janapria tahun ajaran 2009/2010 yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIID dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen, penentuan sampel dilakukan dengan Porposive Cluster Random Sampling Data hasil belajar diperoleh dari test siswa yang berupa test obyektif, sedangkan data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Data hasil belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil uji t prestasi belajar siswa diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,20 >1,61) dengan dk = 70 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada bidang studi biologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dengan tipe Course Review Horay kelas VIII SMP Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble, Course Review Horay, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:42 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4966 |
Actions (login required)
View Item |