EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2008-2009

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2008-2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Apa Tujuanmu.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Biologi dengan menggunakan pendekatan Kontekstual yang berbasis Inkuiri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre Tes dan Post Test Group Desain. Populasinya adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan yang terpilih sebagai kelas penelitian adalah kelas VII A dan VII C. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode inqiry sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan dengan metode ceramah. Data hasil penelitian berupa nilai prestasi belajar biologi. Prestasi belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata per tes pada kelas kontrol sebesar 33,31 dan pos test sebesar 51,52. Sedangkan nilai rata-rata pre tes pada kelas eksperimen sebesar 30,44 dan pos test sebesar 64. Hasil Uji t menunjukan nilat t hitung (4,22) > t tabel (1,67) yang berarti bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis nquiry efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Gunung Sari tahun 2008-2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis nquiry efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:42
Last Modified: 05 Jul 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item