PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory,Visual, Intellectual) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

BAITARI, GITA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory,Visual, Intellectual) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi pendekatan.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru melalui penggunaan metode ekspositori. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dalam meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pre-test dan post-test group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan pre-test untuk mengetahui oleh pengetahuan awal siswa dan diberikan post test setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Data hasil penelitian berupa hasil dari pre-test dan post-test dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing sebesar 43,1 dan 85,6, nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing sebesar 46,625 dan 72,3. Hasil uji t diperoleh t hitung 6,77 lebih besar dari t tabel 1,67 yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar biologi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Mataram tahun ajaran 2008/2009

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif pendekatan SAVI, prestasi belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:41
Last Modified: 05 Jul 2018 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item