EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BELAJAR BERGAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2009/2010

DEWI, VIRGI PUSPITA (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL BELAJAR BERGAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HLMN DEPAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul belajar bergambar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMP kelas VIII. Populasinya seluruh siswa kelas VIII, kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen, sampel diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari tes hasil belajar kemudian diuji menggunakan uji-t yang sebelumnya dilakukan uji homogen dan uji normalitas. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,57 sementara ttabel sebesar 1,67 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa Penggunaan modul belajar bergambar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika materi pokok cahaya pada siswa kelas VIII SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Modul belajar bergambar , prestasi belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:40
Last Modified: 05 Jul 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item