PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MTs. DI PUTRA KEDIRI LOBAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN FISIKA

ABIDIN, MUH. ZAINAL (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MTs. DI PUTRA KEDIRI LOBAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN FISIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.Pendahuluan.doc
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas IXA2 MTs DI Putra Nurul Hakim Kediri tahun ajaran 2009/2010. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal masih jauh dari ketentuan KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah (65). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa MTs. DI Putra Kediri Lobar, dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada pada kategori aktif (24,5), sangat aktif (28), sangat aktif (30) pada siklus 1, 2, dan pada siklus 3. Aktivitas guru berada pada kategori sangat aktif (total skor 15) pada ketiga siklus. Rata-rata aspek kognitif siswa sebesar 77, 80, dan 95, dengan ketuntasan secara klasikal 77,27%, 8261%, dan 95% pada siklus 1, 2, dan 3. Aspek afektif siswa rata-rata dalam kategori sangat baik pada ketiga siklus dengan rata-rata perolehan skor kelas pada siklus 1,2, dan 3 adalah 33,09, 33,81, dan 34,05. Sedangkan aspek psikomotorik: 42,86% siswa sangat berhasil, 52,38% siswa berhasil, 4,76% siswa kurang berhasil, dan 0% siswa dengan kategori gagal. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa MTs. DI Putra Kediri tahun ajaran 2009/2010 dapat meningkat jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, STAD, proses belajar, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:40
Last Modified: 05 Jul 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item View Item