PENERAPAN METODE LATIHAN BOLA SALJU PADA SALAH SATU UNSUR PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 11 MATARAM

KAROMATUN, KAROMATUN (2010) PENERAPAN METODE LATIHAN BOLA SALJU PADA SALAH SATU UNSUR PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 11 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I hal 1-6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika melalui penerapan metode latihan bola salju pada salah satu unsur pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Subyek pada penelitian ini siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2009/2010, obyek penelitiannya prestasi dan aktivitas belajar siswa. Data prestasi belajar diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus dan data aktivitas belajar diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 61,43 dengan ketuntasan klasikal 67,86% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 21,14 yang berada pada kategori aktif. Pada siklus II data prestasi dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata kelas 73,5 dengan ketuntasan klasikal 89,29% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 25,29 yang berada pada kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan bola salju pada salah satu unsur pendekatan SAVI dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar fisika siswa SMP Negeri 11 Mataram khususnya kelas VIII F tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan SAVI, Metode Latihan Bola Salju, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:39
Last Modified: 05 Jul 2018 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item