The Ability Of Contribution Of Student Concept Through earning Effectiveness Based VAK (Visual Auditory Kinestetic) In Learning Chemical Class XI IPA SMAN 2 Mataram

FALENTINA LEDE, FALENTINA LEDE (2018) The Ability Of Contribution Of Student Concept Through earning Effectiveness Based VAK (Visual Auditory Kinestetic) In Learning Chemical Class XI IPA SMAN 2 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis VAK (VisualAuditoryKinestetik) yang valid, praktis, dan efektif untuk mengoptimalkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan R & D yang diadaptasi dari model Borg & Gall yang meliputi tahap studi pendahuluan produk, Tahap pengembangan produk, Tahap pengujian produk. Uji coba produk dilakukan di SMAN 2 Mataram dan SMAN 3 Mataram. Hasil penelitian diperoleh: (1) validitas perangkat pembelajaran yang terdiri atas nilai validitas silabus dengan rata-rata 3,159; RPP 3,25; LKPD 3,027; soal keterampilan berpikir kritis 3,11 dan soal penguasaan konsep 3,055; secara keseluruan perangkat pembelajaran ini berada pada kategori valid. (2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang terdiri atas rata-rata nilai respon peserta didik terhadap LKPD adalah 3,38, rata-rata respon guru terhadap LKPD adalah 3,466. Rata-rata nilai keterlaksanaan kegiatan pembelajaran guru adalah 3,68, rata- rata nilai keterlaksanaan kegiatan pembelajaran peserta didik adalah 3,46. Rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis VAK adalah 3,48. Secara keselurun perangkat pembelajaran ini sangat praktis. (3) Rata-rata hasil belajar keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat setelah pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan, terjadi peningkatan skor rata-rata antara prettest dengan posttest, yaitu dari 9,79 menjadi 16,51, setelah dicari skor Gain ternomalisasinya, didapatkan skor 0,57 yang berarti skor Gain berada pada kategori sedang maka efektif untuk digunakan. Rata-rata hasil belajar penguasaan konsep peserta didik meningkat setelah pelaksanaan pembelajaran yang dikembangkan, terjadi peningkatan skor rata-rata antara prettest dengan posttest, yaitu dari 8,145 menjadi 16,79. Setelah dicari skor Gain ternomalisasinya, didapatkan skor 0,67 yang berarti gain skor berada pada kategori sedang maka efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Perangkat pembelajaran berbasis VAK, keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:38
Last Modified: 05 Jul 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5001

Actions (login required)

View Item View Item