PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PENDAWATI, LINDA PUTRI (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Q 1.doc
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan tujuan mendesain media pembelajaran tiga dimensi dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Islam Pringgarata tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian adalah kelas VII, sampel penelitian untuk kelas eksperimen VIIA dan kelas kontrol VIIB. Sampel di ambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan untuk mengetahui kedua kelas yang dijadikan sampel adalah homogen, dilakukan uji homogenitas berdasarkan hasil Pre-test. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran tiga dimensi dan tes obyektif untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan skor skala 5. Dalam penelitian ini telah di buat 4 alat peraga pada materi pokok wujud zat. Hasil belajar siswa dari pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 43,132 sedangkan kelas kontrol 48,316 dan setelah diberikan perlakuan dari hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 68,078 sedangkan kelas kontrol menjadi 59,789. Dari hasil analisis data di peroleh thitung > ttabel yaitu 3,09 > 2,00. Ini menunjukkan ada pengaruh strategi belajar dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar fisika siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol pada taraf signifikansi 5 %. Persentase respon siswa terhadap media pembelajaran tiga dimensi sebesar 75,97 % yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media pembelajaran tiga dimensi, hasil belajar fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:38
Last Modified: 05 Jul 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5004

Actions (login required)

View Item View Item