PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA

RUDIANTO, RUDIANTO (2010) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bab 1(ok).doc
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi model inkuiri dalam pengajaran fisika terhadap prestasi belajar fisika siswa dan untuk mengetahui model inkuiri yang paling bagus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan populasi semua kelas VII. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIId, VIIe, dan VIIf. Instrumen penelitian berupa tes kognitif. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas data post-test dari A , A , dan A secara berturut-turut diperoleh nilai 5,889<12,6, 5,459<11,07, dan 12,064<12,6. Dari ketiga kelas diperoleh bahwa nilai χ < χ . Jadi, untuk semua data prestasi belajar siswa tersebut terdistribusi normal. Berdasarkan analisis uji homogenitas varian untuk homogenitas A dengan A , A dengan A dan A dengan A didapat hasil analisis F secara berurutan adalah 1,16, 1,14, dan 1,17 sedangkan F = 1,76 pada taraf signifikansi 5%, maka F < F sehingga disimpulkan bahwa semua data prestasi belajar fisika homogen. Berdasarkan uji ANAVA tunggal didapat hasil analisis F = 6,36 sedangkan F = 3,15 pada taraf signifikansi 5%, F > F sehingga disimpulkan bahwa variasi model inkuiri berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil analisis uji lanjut dengan uji-t pihak kanan yang diperoleh nilai t , t , dan t berturut adalah 2,123, 5,242 dan 2,803. Dengan t =1,67 pada taraf signifikansi 5%, sehingga nilai t > t . Karena t > t > t maka model inkuiri yang paling bagus adalah model inkuiri termodifikasi kemudian model inkuiri terbimbing dan Perpaduan kedua model inkuiri tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar, Model Inkuiri.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:38
Last Modified: 05 Jul 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item