Pengaruh Media Permainan Edukatif One - Way Puzzle Terhadap Pembelajaran Sains Pokok Bahasan Fisika Kelas Rendah SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2008/2009

Amrullah M, Andi Moh. (2010) Pengaruh Media Permainan Edukatif One - Way Puzzle Terhadap Pembelajaran Sains Pokok Bahasan Fisika Kelas Rendah SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan edukatif one - way puzzle dalam menumbuhkan sikap positif siswa, meningkatkan kinerja siswa, dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran sains pokok bahasan fisika kelas rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 27 Ampenan seluruh populasi menjadi sampel penelitian Variabel bebas dalam penelitian ini adalah permainan edukatif one - way puzzle sebagai media pembelajaran dan variabel terikatnya adalah respon, sikap, kinerja, dan prestasi belajar siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan pemberian angket untuk mengetahui respon siswa, lembar observasi kegiatan siswa untuk mengamati sikap dan kinerja siswa dalam pembelajaran dan tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Selanjutnya data dari angket dianalisis secara deskriftif kualitatif dengan menggunakan skala lima. Sedangkan data dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Dalam penelitian digunakan 10 buah permainan one-way puzzle untuk pokok bahasan benda dan sifatnya, perubahan energi, serta permukaan bumi sebagai media pembelajaran. Dari analisis data diperoleh bahwa respon siswa terhadap one-way puzzle sebagai media pembelajaran adalah sangat baik dengan persentasi sebesar 91,56 %; dari hasil observasi didapatkan sikap siswa dan kinerja siswa dalam kelompok menunjukkan hal yang positif; dari uji-t didapatkan nilai thitung = 3,34 dan ttabel = 2,68, thitung > ttabel. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai post-test dan pre-test siswa pada taraf signifikan 5%. Jadi, media permainan one-way puzzle berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, One - Way Puzzle,Prestasi belajar, Respon siswa, sikap, kinerja.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:37
Last Modified: 05 Jul 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item