PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI SMPN 10 MATARAM

ROSDIANA, EVI (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DI SMPN 10 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I, II, III, IV, V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kolaboratif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F semester II yang berjumlah 41 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data aktivitas belajar siswa dan guru digunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,75% dengan rata-rata kelas 64,65, sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa 14,55 berdasarkan kriteria penggolongan aktivitas siswa, nilai aktivitas siswa ini berada pada interval 10,41 < 14,58 yaitu berada pada kategori cukup aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 77,50% dengan rata-rata kelas 69,09, sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa 15,58 nilai aktivitas siswa ini berada pada interval 14,58 < 18,75 yaitu dengan kategori aktif. Sedangkan pada siklus III persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,74% dengan rata-rata kelas 74,24 , rata-rata aktivitas belajar siswa 18,56 yang berada pada interval 14,58 < 18,75 yaitu dengan kategori aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di SMPN 10 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kolaboratif, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:37
Last Modified: 05 Jul 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5013

Actions (login required)

View Item View Item