Perancangan Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Fisika pada Jenjang Pendidikan Dasar

Rokhmat, Joni (2009) Perancangan Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Fisika pada Jenjang Pendidikan Dasar. In: Seminar Nasional dan Pameran Hasil-hasil Penelitian, 29-30 September 2009, Universitas Mataram, Indonesia.

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C21, Prosiding Seminar Nasional Unram 2009.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1IpLcX_bnLcOpjGl86...

Abstract

Sarana dan Prasarana yang memenuhi standar nasional pendidikan antara lain tersedianya tempat bermain, berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain. Aneka permainan edukatif memberi dukungan langsung terwujudnya sarana dan prasarana tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai alat permainan edukatif, seperti alat permainan yang berbasis permainan kartu, puzzle, serta permainan popular lainnya juga audio lagu terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD dan SMP, khususnya pada bidang fisika, baik ditinjau dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya. Implementasi dari media ini sejalan dengan teori belajar konstruktifisme karena siswa terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuannya. Selain itu, implementasi ini relevan dengan karakteristik anak pada jenjang pendidikan dasar, yaitu anak lebih menyukai proses pembelajaran yang berbasis permainan. Dengan demikian, peristiwa ini juga sangat relevan dengan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, efisien, dan menyenangkan atau PAIKEEM. Media ini juga dapat diimplementasikan baik dalam pembelajaran formal maupun suplemen atau pengayaan. Dua model implementasi ini juga membantu mengatasi rasio kuantitas kompetensi keilmuan terhadap waktu belajar yang semakin membesar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): permainan edukatif, teori konstruktivisme, PAIKEEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5033

Actions (login required)

View Item View Item