Pengembangan PBK untuk meningkatkan Kemampuan problem solving calon guru fisika

Rokhmat, Joni and Setiawan, Agus and Rusdiana, Dadi (2012) Pengembangan PBK untuk meningkatkan Kemampuan problem solving calon guru fisika. In: Seminar Nasional, Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 2 Juni 2012, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C22, Prosiding Seminar Nasional UNY 2012.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1UWRAROJtjqT-5q22w...

Abstract

Telah dikembangkan proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk pembelajaran fisika dasar, pokok bahasan hukum Newton. Pengembangan ini dimaksudkan menjadi sebuah strategi alternatif dalam pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplorasi pola berpikir mahasiswa dan menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan problem-solving mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini melibatkan 45 mahasiswa pendidikan fisika yang sedang mengambil matakuliah fisika dasar I. Metode yang digunakan adalah metode campur (mix method), berjenis embedded design onephase yang menekankan alanlisis kualitatif, Creswell & Clark (2007, p. 67-71). PBK-BA memberi peluang bagi mahasiswa untuk menyelesaikan setiap persoalan secara terbuka dan memfasilitasi mahasiswa untuk memahami konsepnya secara menyeluruh. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji beda rata-rata dan skor gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan kenaikan kemampuan problem-solving mahasiswa. Selain itu, hasil analisis angket menunjukkan adanya respon yang sangat positip dari mahasiswa terhadap penggunaan strategi ini

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords (Kata Kunci): PBK-BA, Fisika Dasar, Kemampuan Problem-Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item