PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN MASALAH TERBUKA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT

HAYAT, NAHRUL (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN MASALAH TERBUKA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran Open-Ended pada mata pelajaran fisika di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun ajaran 2009/2010. Pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dilakukan melalui beberapa tahap yakni penyampaian masalah, eksplorasi masalah, merekam respon siswa yang diharapkan, pembahasan respon siswa dan meringkas apa yang telah dipelajari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun ajaran 2009/2010 sedangkan objek penelitiannya adalah prestasi dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus menggunakan instrumen penelitian yang telah disusun sebelumnya. Aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62.14 dengan ketuntasan klasikal 37% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 35 dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II data prestasi dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 71.26 dengan ketuntasan klasikal 71% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 67 dengan kriteria aktif. Pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71.43 dengan ketuntasan klasikal 91% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 70 dengan kriteria sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Pembelajaran Open-Ended, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item View Item