ANALISIS HOMONIMI DALAM BAHASA ENDE-LIO DI DAERAH FLORES NTT: SEBUAH KAJIAN SEMANTIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

HALIM, RAHMATIA A (2016) ANALISIS HOMONIMI DALAM BAHASA ENDE-LIO DI DAERAH FLORES NTT: SEBUAH KAJIAN SEMANTIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
E1C 012 040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk homonimi dalam bahasa Ende-Lio di daerah Flores-NTT. (2) Mendeskripsikan relasi makna homonimi dalam bahasa Ende-Lio di daerah Flores-NTT. (3) Mendeskripsikan relevansi homonimi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode introspeksi, metode simak, dan metode cakap. Metode analisis data digunakan metode padan intralingual. Hasil analisis data disajikan melalui metode formal dan informal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) di dalam bahasa Ende-Lio di daerah Flores NTT, memang benar memiliki bentuk kata berhomonimi yang berbentuk kata dasar yang biasa dipakai masyarakat dalam berkomunikasi sehari-hari. Data dari penelitian ini seluruhnya terdiri dari 52 kata, yaitu masing-masing merupakan bahasa Ende-Lio. Kata yang berhomonim tersebut sama digunakan oleh penutur Ende dan Lio, hanya beberapa kata dalam bahasa Lio yang sedikit memiliki variasi. Terdiri dari 104 makna seluruhnya. Karena dalam penelitian ini tiap kata memiliki dua makna yang berbeda. Kata yang berhomonimi tidak akan jelas perbedaannya ketika berdiri sendiri tanpa konteks kalimat. Pada konteks kalimat akan terlihat perbedaan antar kata yang berhomonimi sesuai dengan konteks kalimat tersebut.(2) Relasi makna kata yang berhomonim dalam bahasa Ende-Lio berelasi dua: (a) kata [EmbE] ,,ember‟, yaitu wadah terbuat dari plastik atau seng untuk tempat air, dsb, (b) kata [EmbE] „ hilang‟ yaitu lenyap, tidak dijumpai lagi, tidak kelihatan, tidak ada lagi. (3) Homonimi juga dapat direlevansikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya tingkat SMP dengan menggunakan Kompetensi Dasar (KD) 7.2 “Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): homonimi, relasi makna, pembelajaran bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 29 Aug 2017 00:42
Last Modified: 09 Apr 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item